play it

Rabu, 04 Januari 2012

bagian 4 - saya dosen disini(2)

Perjalanan untuk mencapai tugas akhir fisika dasar pun dimulai. Di awali dengan pembentukan struktural dimana dengan vote terbanyak Aji menjadi ketua yang mengalahkan saingannya yaitu Ahmad. Pembentukan ini tidak seperti pemilu, Aji yang telah menduduki tahta sebagai ketua langsung menunjuk Yanti menjadi sekretaris dan di setujui oleh ketiga anggota lain. Wari sebagai pencari data, Ahmad editor presentasi dan Krisna menjadi bapak presentasi dimana Krisna ini menjadi seperti moderator saat presentasi berlangsung. Kemudian mereka mencari tema untuk presentasinya, entah siapa yang bilang, tidak ada yang mengaku tetapi kami semua membahas tentang dinamo mini 4 wd. Karena sudah keasikan membicarakan kumparan, dikilik, voltase baterai yang digunakan, akhirnya tema dinamo mini 4 wd pun dipilih.
Wari yang bertugas sebagai pencari data langsung membuka laptopnya dan mencari komponen apa saja yang berhubungan dengan dinamo mobil-mobilan ini. Setelah di temukan, dia bilang bahwa dinamo mini 4 wd ini menggunakan prinsip kerja motor listrik DC (Direct Current) atau arus searah yang mengubah energi kimia dari baterai ke listrik, lalu karena adanya induksi elektromagnetik, sehingga timbullah medan magnet dikumparan berarus yang menggerakkan rotor (bagian dalam dinamo yang dapat berputar) searah dengan aturan tangan kanan, karena rotor yang berputar ini akhirnya dapat menggerakan gear untuk memutar roda mini 4 wd.
Aji dan yang lainnya tampak diam sesaat, tidak terlalu terbayang oleh mereka kalau prinsip kerja dinamo mini 4 wd lumayan rumit seperti itu. Karena baru awal pertemuan Aji tidak mengharuskan teman-temannya dan dia langsung mengerti mengenai dinamo mini 4 wd atau motor listrik ini. Dari penjabaran sinkat Wari, Aji membagi tugas untuk pembuatan LTM (Lembar Tugas Mandiri) agar mempermudah pembuatan bahan presentasi dengan tugas,
1) Ahmad mencari tentang kumparan pada dinamo
2) Wari tentang arus listrik dan komponen-komponen listrik lainnya yang bekerja pada dinamo
3) Aji membahas tentang magnet, kenapa harus ada magnet di dinamo dan pengaruh medan magnet
4) Krisna mencari bagaimana cara kerja dinamo mini 4 wd, dan
5) Yanti tentang hasil yang dikeluarkan oleh dinamo tersebut
Pertemuan dibubarkan, tetapi mereka tidak bubar secara visual. Kelima pemuda-pemudi ini berjalan menuju sebuah bangunan berlantai 4. Duduk-duduk di lorong lantai dasar gedung itu dinama banyak orang menyebutnya dengan kata "landas" dan bersenda gurau dengan rekan-rekan satu kelasnya yang lain.

Selasa pun datang, saat itu tanggal 20 desember 2011. Mata kuliah fisika dasar yang ditunggu pun akan datang lagi pada siang hari ini. Memang mata kuliah ini amat ditunggu oleh mahasiswa karena mereka harus menunggu pukul 12.00 dari pukul 10.00 setelah keluar dari kelas sebelumnya, kemudian menunggu sang dosen untuk datang ke ruang kelas, dan terkadang menunggu dosen menyiapkan proyektor karena dia ingin menerangkan materi dengan sedikit modern. Kelas berlangsung seperti biasa, dosen telat hanya satu jam saja hari ini, dan suasana belajar pun mengkhawatirkan bagi sebagian mahasiswa yang mengincar kelulusan dengan nilai sempurna atau lulus dengan cum laude. Ditengah penjelasan sang dosen menanyakan apa ada yang ingin ditanya dari penjelasan yang sudah dia paparkan. Karena dia menjelaskan dengan presentasi power point, dia hanya duduk dan melihat ke arah Aji dan kawan-kawan setelah mengatakan pertanyaan tadi. Semua mahasiswa diam saja, mereka pun tidak mengerti ingin menanyakan apa sebenarnya, namun baik Aji maupun temannya yang lain memperlihatkan raut wajah tanda mengerti apa yang baru sang dosen jelaskan.
Setelah berdiam tanpa bahasa dan gerakan selama kurang lebih satu menit, sang dosen kembali membuka pembicaraan.
"Besok jumat kalian kumpulkan proposal singkat tentang presentasi yang akan di bahas ya."
Aji kembali bingung, bukannya jumat itu seharusnya langsung saja presentasi. Secara kebetulan si ketua kelas berkata yang intinya sama dengan pikiran Aji.
"Bagaimana saya bisa tahu tentang presentasi kalian jika tidak ada proposal singkat?" Itulah balasan dari sang dosen. Kemudian dia merapihkan laptop dan memasukkannya kedalam tas kotak hitamnya.
Dengan sedikit tersenyum dan terlihat terburu-buru dia berkata, "Maaf ya, saya sekarang harus ke tempat sidang, kakak-kakak senior kalian sekarang sedang menuntaskan sidang tugas akhir, kebetulan dosen pengujinya sibuk karena dia sedang tidak ada, jadi saya yang menggantikan."
Sebenarnya para mahasiswa senagn saja, karena baru berjalan 40 menit sudah keluar. Tetapi kembali lagi ke masalah tugas akhir semester ini yang harus membuat proposal singkat, yang isinya saja tidak diberi tahu apa. Kelas itu menyepakati kalau proposal singkat itu seperti makalah sederhana saja, karena saat di tanya sang dosen hanya mengatakan yang penting isinya adalah apa yang mau kalian bahas.
Aji melihat ke arah Yanti, dan tidak mengatakan apa-apa tetapi Yanti mengerti apa maksud Aji.
"Yah Ji, gua belum pernah bikin proposal, gimana dong?"
"Hmm, oh iya, Ahmad saja ikut membantu lu, dia kan katanya ingin jadi sekum HMD (Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Departemen)."
Ahmad yang mendengar percakapan itu hanya mengangguk-angguk sambil memainkan ponsel milikinya yang berkeypad qwerty.


Pertemuan kedua, masing-masing individu telah menemukan sumber data dan telah membacanya. Terdapat permasalahan disini, yaitu di bahasan arus yang masih bingung dengan adanya sikat (brush) motor dan komutator pada dinamo DC, dan permasalahan juga timbul pada cara kerja dinamo mini 4 wd yang menggunakan 3 koil atau kumpatan, sedangkan sumber banyak memberikan contoh dinamo sederhana yang hanya berupa kawat jangkar, yaitu seutas kawat terbentang dari muatan positif ke negatif. Perdebatan terjadi antara Ahmad yang berteguh perputaran rotor itu karena adanya gaya (F) yang diakibatkan medan magnet (B) dari magnet permanen dan arus medan yang mengalir pada dinamo (I), sedangkan Krisna berpendapat bahwa perputaran terjadi karena adanya interaksi antara medan magnet permanen dan medang magnet yang dihasilkan karena induksi listrik. Kedua pendapat itu benar, mungkin karena Ahmad dan Krisna memiliki sumber yang berbeda dan Krisna lebih terfokus kepada induksi elektromagnetik yang timbul karena arus listrik, sedangkan Ahmad lebih kepada hubungan arus dan medan magnet permanen dinamonya.
Karena ada beberapa penjelasan yang belum terkuak, LTM pun diundur untuk dikumpulkan hari kamis agar dapat secara langsung membuat proposal singkat dari ringkasan LTM masing-masing.

***

Hari H pengumpulan proposal singkat sudah tiba, yaitu jumat 24 desember 2011. Proposal singkat kelompok Aji sudah menjadi hardcopy dan dijilid rapi. Tidak hanya kelompok Aji saja, semua kelompok sudah membuat prosposal singkat mereka dan sudah dalam bentuk hardcopy. Kuliah akan dimulai pukul 11.00 dan saat itu adalah pukul 10.43. Beberapa mahasiswa di kelas fisika dasar itu sudah tampak di selasar landas, dan ada satu - dua orang yang telah duduk manis di dalam kelas. Aji termasuk kedalam mahasiswa yang berada di landas.
"Bzzt,bzzt." Ponsel Aji bergetar tanda ada pesan yang masuk.
Pesan itu dari si ketua kelas yang isinya
"Thomas, tolong beri kabar ke yang lainnya, saya ada seminar hari ini sampai jam 11.40 jadi hari ini tidak ada kuliah, kita kuliah lagi selasa depan jam 12.00."

1 komentar:

rinzhara mengatakan...

waduhh..fisika...:D